Pages

Pages - Menu

Selasa, 09 Juli 2013

Pantai yang Benar-benar Merah

Pink Beach atau sering disebut Pantai Merah menjadi salah satu objek wisata di kecamatan Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, selain Pulau Komodo. Pancaran pasir berwarna pink berasal dari karang-karang halus berwarna merah, dan warna semakin terlihat saat tertimpa sinar matahari. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan biasanya snorkeling dan diving untuk menjelajahi keindahan bawah laut di Pink Beach.

Terlihat warna pasir yang merah beradu indah dengan biru laut menimbulkan kesan warna pelangi

Perbukitan yang hijau, pasir yang semu merah muda, dan laut biru cerah berpadu menawan mata.

Terlihat para pengunjung sedang menikmati keindahan pantai.

Pink Beach adalah daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak.

Belum diketahui secara pasti dari mana asal muasal warna pasir merah muda yang cantik ini. Beberapa berpendapat bahwa warna pink berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati dan memang banyak ditemukan di pantai ini. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pink Beach adalah karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Di dunia, jenis pantai dengan pasir berwarna merah muda ini hanya ada tujuh saja. Enam lainnya adalah Pink Beach di Harbor Island, Bahamas; Bermuda; Santa Cruz Island, Filipina; Sardinia, Itali; Bonaire, Dutch Caribbean Island; dan di Balos Lagoon, Crete, Yunani. Betapa kaya dan cantik alam Indonesia; satu di antara tujuh pantai berpasir merah muda dapat ditemukan di negeri ini.

Tertarik kesana? Menikmati kekayaan alam negeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About