Pages

Pages - Menu

Kamis, 18 Juli 2013

Menyibak Misteri Gunung Padang


Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, semakin terkenal keberadaaannya. Karena menurut survei pada tahun 2011 menyatakan bahwa terdapat sebuah piramida atau punden berundak yang berumur lebih tua dari piramida Giza di Mesir. Luas wilayahnya mencapai 900 meter persegi dan merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Tak mudah untuk mencapai lokasi wisata. Butuh waktu sekitar empat jam dari Desa Salebu menyusuri hutan pinus melewati sungai kecil Cikahuripan. Lalu masuk ke hutan lindung menempuh perjalanan sempit, menerobos belukar. Hingga sampai di sebuah mata air yang bisa diminum.

Menurut Ali, Arkeolog dari Universitas Indonesia, piramida tersebut tidak memiliki ruangan di dalamnya, hanya berupa tumpukan batu yang dibuat sedemikian rupa hingga membentuk piramida. Selama ini, catatan sejarah selalu melihat pada peradaban Mesir yang diperkirakan ada sekitar 5000 tahun sebelum Masehi. "Dari hasil penelitian hingga hari ini, kami masih yakin peradaban Gunung Padang adalah yang tertua dan lolos dari catatan sejarah," ujar Danny, Geolog dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.


Wisatawan harus melewati 370 tangga terjal untuk sampai di lokasi
Meskipun pencapaian ke lokasi cukup melelahkan, pengunjung tidak akan kecewa setelah sampai di sana. Terhampar pemandangan sawah, kebun, sungai yang masih hijau dan alami. Kebersihan tempat pun sangat diperhatikan sehingga membuat pengunjung semakin nyaman. Dengan hanya merogoh kocek maksimal 10 ribu rupiah, Anda akan mendapatkan suguhan peradaban sejarah, keindahan, budaya lokal yang kaya dan rasa bangga menjadi orang Indonesia, memiliki nenek moyang dengan sejarah yang maju.


Sepulang dari lokasi, jalurnya akan lebih mudah karena landai, meskipun lebih panjang. Percayalah! Gunung Padang layak masuk ke dalam daftar agenda perjalanan wisata Anda.

Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About