Pages

Pages - Menu

Kamis, 01 Agustus 2013

Persiapkan Diri Sebelum Umrah ke Tanah Suci


Seorang muslim yang mendapatkan kesempatan berupa rejeki kesehatan dan materi untuk pergi umrah selayaknya bersyukur. Karena hal itu adalah idaman bagi setiap muslim di dunia ini. Hal tersebut harus dimanfaatkan dan dinikmati dengan sebaik-baiknya demi meraih pahala dan keutamaan-keutamaan ibadah. Dengan demikian, Anda harus melakukan persiapan dengan sebaik mungkin, mengingat banyak aktifitas yang berkaitan dengan fisik dan membutuhkan tenaga ekstra, seperti thawaf dan sa'i.

jema'ah harus berjalan kaki untuk menuju ke setiap tempat di bawah sengatan matahari. Tanpa persiapan yang matang, sulit untuk wisatawan tetap terjaga kondisi kesehatannya. Persiapan utama yakni persiapan kesehatan, fisik, mental dan spiritual.

Ada beberapa faktor penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum berangkat ke sana :

Cuaca 
Kondisi Arab dengan Indonesia sangatlah berbeda. Panas di sana dapat mencapai suhu 40 hingga 50 derajat. Sangat berbeda dengan Indonesia yang kondisi terpanasnya hanya 29 derajat celcius.Untuk itu para calon haji harus mempersiapan perlengkapan umroh atau haji apa saja yang hendak dibawa. Beberapa barang penting diantaranya adalah handuk basah (untuk menutupi kepala saat di bawah terik matahari), air putih (mencegah dehidrasi), masker (melindungi pernapasan dari debu) dan lainnya. Saat musim dingin cuaca di sana dapat mencapat 2 derajat celsius! Jaga kesehatan fisik dan mental Anda untuk bertahan hingga akhir mencari ridho-Nya.

Asupan Makanan
Asupan makanan yang bergizi sangat disarankan untuk menambah vitaliats tubuh Anda. Selain itu, istirahatlah yang cukup. Jangan sampai kondisi down karena kurang tidur. Konsumsi vitamin untuk menjaga metabolisme tubuh dan menjaga kondisi Anda tetap prima. Temukan makanan Indonesia di KBBI, jika Anda tidak menyukai makanan asli di sana.

Manfaatkan Waktu
Perjalanan dari Indonesia ke Jeddah membutuhkan waktu sekitar 9 jam. Sehingga manfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat yang cukup. Jangan membuang waktu untuk hal-hal yang tidak berguna. Sesampainya di Bandara Abdul Aziz Anda, Anda harus mengeluarkan energi untuk mengantre di loket imigrasi kemudian mencari koper dan menempuh perjalanan ke hotel atau langsung menuju ke Mekkah.

Pakaian 
Untuk wanita, pakaian harus longgar dan menutupi aurat hingga ke kaki. Memakai kerudung lebar untuk meredam panas matahari sekaligus pandangan laki-laki Arab yang 'tajam' dan mengganggu. Bawa pakaian yang tidak mudah kusut dan mudah dipadu-padankan sehingga tidak terlalu sering mencuci. Membeli pakaian di sana juga ide bagus, selain modelnya menarik, juga menutupi tubuh secara sempurna. 

Untuk laki-laki, pakaiannya lebih sederhana berupa lembaran kain yang dililitkan sehingga bisa menutup dari pusar hingga lutut.

Komunikasi
Anda bisa membeli kartu perdana di sana untuk memudahkan komunikasi dengan kerabat atau teman. Harganya tidak terlalu mahal.

Obat-obatan 
Sewaktu-waktu Anda bisa saja mengalami kondisi down karena penyesuaian diri dengan iklim di sana memang tergolong sulit. Sehingga persiapkan semua obat-obatan yang biasa Anda konsumsi untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering melanda fisik Anda. Pastikan stoknya cukup untuk jangka waktu Anda di sana.

Oleh-oleh Haji

Buat daftar mengenai oleh-oleh haji apa saja yang akan dibeli. Sehingga nantinya proses belanja lebih cepat dan tidak membuang banyak waktu. Jika perlu tanyakan kepada yang sudah berpengalaman mengenai segala info tentang belanja di tanah suci.

Sekian yang bisa saya tulis tentang persiapan ibadah haji atau umrah. Semoga perjalanan Anda menyenangkan! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About